Monday, January 28, 2013

kue lapis

Resep Kue Lapis Terigu Tradisional

Posted by Admin Sebelah Thursday, July 12, 2012 0 comments
Kue Lapis Tradisional

Kue lapis merupakan jajanan khas Indonesia yang dibuat dari dua warna yang ditumpuk berlapis-lapis, sehingga sering disebut kue lapis. Biasanya Kue lapis dibuat dengan tepung beras, tepung terigu,atau tepung kanji. Kue ini mudah ditemukan di hampir setiap daerah di Indonesia. Rasanya kenyal, legit dan manis membuat kue ini tetap disukai oeh semua kalangan.

Kue lapis yang baik biasanya berwarna merah atau hijau, karena dibuat dengan pewarna alami yaitu daun pandan atau sirup. Sehingga kue lapis aman dikonsumsi untuk anak anak maupun dewasa. Untuk membuat kue lapis tidak terlalu susah hanya saja memang setiap bahan harus dikukus satu satu, bahan bakunya juga mudah didapat. Berikut ini adalah resep membuat kue lapis terigu tradisional :

Bahan membuat kue lapis:
tepung terigu 500 g
1/2 butir kelapa ( buat santan 1750 cc)
gula pasir 300 g
coklat bubuk  2 sdm
garam secukupnya
air daun suji 50 cc


Cara membuat kue lapis terigu tradisional :
  • Campurkan tepung terigu, gula pasir serta garam. Tuangkan santan secara bertahap sambil mengaduknya agar rata.
  • Adonan dibagi menjadi 3 bagian, untuk warna coklat tambahkan coklat bubuk yang dicairkan, warna hijau tambahkan air daun suji, dan putih tanpa campuran.
  • Siapkan loyang kue lapis kemudian Olesi memakai minyak jangan lupa alasi menggunakan  daun pisang, kertas roti, atau plastik.
  • Tuangkan adonan pertama kemudian dikukus.jiak adonan kue lapis pertama telah setengah matang,Masukan adonan kue kedua untuk melapisinya kemudian kukus kembali sampai setengah matang.Lakukan hal yang sama hingga adonan kue lapis habis. setelah itu Kukus kue lapis hingga matang kemudian dinginkan. KUe Lapis siap disajikan untuk 35 poton sum,ber: http://www.masakkue.com/2012/07/resep-kue-lapis-terigu-tradisional.html#_

No comments:

Post a Comment